Deskripsi Pelatihan
Dengan adanya Reviu RKA K/L oleh APIP, peran APIP K/L tidak hanya terkait dengan masalah ex-post tetapi juga diharapkan dapat mendukung kinerja dari instansi. APIP K/L harus mulai berperan sejak tahap perencanaan penganggaran. Peran ini semakin diperkuat dengan adanya Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 7 Tahun 2012 tentang Peningkatan Pengawasan dalam Rangka Penghematan Penggunaan Belanja Barang dan Belanja Pegawai di Lingkungan Aparatur Negara, antara lain menyatakan bahwa pimpinan instansi memberi tugas APIP K/L untuk melakukan peningkatan pengawasan dalam rangka penyusunan rencana kerja anggaran.
Seiring hal tersebut di atas, dalam proses perencanaan penganggaran, akan semakin dipertegas pemisahan tugas dan peran antara Menteri Keuangan sebagai Chief Financial Officer (CFO) dan K/L sebagai Chief Operational Officer (COO). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa adanya peran APIP K/L dalam proses perencanaan penganggaran adalah untuk mendorong K/L guna meningkatkan kualitas perencanaan penganggaran melalui pelaksanaan reviu RKA- K/L.
Tujuan Pelatihan
Setelah mengikuti pelatihan, diharapkan peserta dapat melakukan reviu administratif maupun substantif RKA K/L dan mampu menyusun laporan hasil reviu RKA K/L
Indikator Keberhasilan
Setelah mengikuti proses pembelajaran ini, peserta diklat diharapkan mampu:
- menjelaskan gambaran umum mengenai RKA K/L;
- menjelaskan gambaran umum mengenai reviu RKA K/L;
- melaksanakan reviu administratif RKA K/L;
- melaksanakan reviu substantif RKA K/L;
- menyusun laporan hasil reviu RKA K/L.
Sasaran Peserta Unit
Instansi : Kementerian/Lembaga
Jabatan
Jabatan : Auditor/Struktural/Jabatan Fungsional Lain
Jenjang
Jenjang : Semua Jenjang
Persyaratan Peserta
Persyaratan Khusus: tidak ada
Administrasi
Persyaratan Administrasi:
- Surat usulan mengikuti pelatihan oleh pimpinan unit kerja/setara eselon II
- Surat Tugas Mengikuti Pelatihan
Metode Pelatihan
Tatap Muka/Luring
Pembelajaran Jarak Jauh/Daring
Detail Biaya
Untuk Pelatihan Tatap Muka, biaya sudah termasuk penginapan (sekamar berdua) dan konsumsi (3 kali makan besar dan 2 kali coffee break).
Tidak termasuk biaya transportasi dari tempat kedudukan peserta menuju ke lokasi pelatihan.
CP
ICA: 0822-60707010