:: Home > Berita
01 Juni 2023 / Dibaca 414 kali

Selamat Hari Lahir Pancasila!

Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pusdiklatwas BPKP menyelenggarakan upacara bendera. Plt. Kepala Pusat Pusdiklatwas bertindak menjadi Inspektur Upacara. Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya adalah falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber dari segala sumber negara. Untuk itu nilai-nilai yang terkandung di dalamnya harus selalu diaktualisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara termasuk dalam menjalankan tugas BPKP dalam mengawal keuangan dan pembangunan.

“Pancasila digali dan lahir dari bumi Indonesia menjadi konsensus nasional, untuk itu sudah selayaknya kita semua bangsa Indonesia, mengaktualisasikan Pancasila, sehingga pancasila senantiasa diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ucap Raden saat membacakan Pidato Presiden Joko Widodo dalam Peringatan Hari Lahir Pancasila.

Pancasila juga menjadi penuntun bangsa dalam mewujudkan cita-citanya hingga menghadapi tantangan berat yang dihadapi bangsa. 

“...saat ini Bangsa Indonesia telah berhasil melewati masa krisis pandemi Covid-19, hal ini membuktikan kekuatan Pancasila dan kekuatan bangsa Indonesia. Ke depan kita akan mewujudkan Indonesia emas 2045 dan Impian Indonesia 2085 yaitu  menjadi bangsa yang memiliki sumber daya manusia yang kecerdasannya mengungguli bngasa-angsa lain di dunia, menjunjung tinggi pluralisme, budaya, religius, dan menjunjung tinggi nilai-nilai etika, menjadi pusat pendidikan teknologi dan peradaban dunia, masyarakat dan penyelenggara negara yang bebas dari perilaku korupsi, terbangunnya infrastruktur yang merata di seluruh indonesia,” imbuhnya.

Upacara bendera ini diikuti oleh seluruh pegawai dengan khidmat, dan menjadi momentum memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Jadikan Pancasila sebagai sumber inspirasi untuk membangun bangsa yang maju dan beradab..!

www.bpkp.go.id

 

Pusdiklatwas BPKP
Jl. Beringin II, Pandansari, Ciawi, Bogor 16720
Telp. (0251) 8249 001 - 8249 003 (Sentral)
Fax. (0251) 8248 986 - 8248 987
Email: pusdiklatwas@bpkp.go.id


Bidang Penyelenggaraan Diklat Fungsional Auditor
Telp/Fax: (0251) 824 8473
Email: pusdiklatwas.p3jfa@bpkp.go.id

Bidang Penyelenggaraan Diklat Teknis Substansi dan Kedinasan
Telp/Fax: (0251) (0251) 8249 004
Email: pusdiklatwas.p3kt@bpkp.go.id

PETA LOKASI: