:: Home > Berita
03 Juni 2021 / Dibaca 52 kali

Patok Banding dari Puslatlitbang KPU RI

Ciawi- Dulu sekali, entah siapa tapi pasti beliau orang yang sangat bijak, ada yang berkata “Berbagi sebuah ilmu tidak akan mengurangi kepandaian, bahkan menambah kewibawaanmu.” Nah, ungkapan itu menjadi prinsip  Pusdiklatwas BPKP manakala ada instansi lain yang bermaksud melakukan patok banding. Kali ini yang melakukan patok banding datang dari Komisi Pemilihan Umum (KPU), bertempat di Hotel Grand Melia Jakarta pada tanggal 2 Juni 2021 kemarin.

 
Ceritanya, Bapak Kepala Pusdiklatwas kami, Arief Tri Hardiyanto, diundang oleh Ketua KPU untuk berbagi ilmu dan pengalaman mengenai Grand Design Pusdiklatwas BPKP, pengelolaan kelembagaan Pusdiklatwas, serta memberikan saran dan masukan terhadap Grand Design Pusat Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan (Puslatlitbang) KPU. Sebagai pusat pelatihan yang baru dibentuk pada Januari 2021, Puslatlitbang KPU saat ini membutuhkan sebuah grand design untuk membangun dan mengembangkan lembaga secara terarah dan sesuai dengan standar tata kelola lembaga Litbang-Diklat pemerintah.
 
Pusdiklatwas BPKP tidak mau pelit ilmu, dong, terhadap junior baby begini. Secara runtut, Pak Arief menyampaikan berbagai proses tahapan dan transformasi yang dilalui Pusdiklatwas BPKP sejak berdiri tahun 1983 hingga kini menjadi "learning center”. Bahkan maksud dari kata learning center pun dijabarkan oleh Pak Arief, yaitu pusat pembelajaran bagi pengembangan kompetensi secara terintegrasi, yaitu  Government Internal Audit Corporate University (GIA Corpu). Hal-hal penting lain yang disampaikan pak Arief adalah perkembangan kelembagaan, sarana-prasarana, serta teknologi pembelajaran berbasis digital yang sekarang menjadi kebutuhan dasar dalam dunia pembelajaran.
 
Di akhir sesi, Pak Kapusdiklatwas, Arief Tri Hardiyanto, memberikan saran tentang menjadikan corporate university sebagai salah satu bagian dalam Grand Design Puslatlitbang KPU di masa mendatang. Menurut Pak Arief, Puslatlitbang KPU tidak perlu ragu untuk berada di jalur corporate university, sebab telah jelas diatur dalam PP Nomor 17 Tahun 2020. Semoga Puslatlitbang KPU dilancarkan dalam menempuh proses ini. (rl)
Pusdiklatwas BPKP
Jl. Beringin II, Pandansari, Ciawi, Bogor 16720
Telp. (0251) 8249 001 - 8249 003 (Sentral)
Fax. (0251) 8248 986 - 8248 987
Email: pusdiklatwas@bpkp.go.id


Bidang Penyelenggaraan Diklat APIP
Telp/Fax: (0251) 824 8473
Email: pusdiklatwas.p3jfa@bpkp.go.id

Bidang Penyelenggaraan Diklat SPIP
Telp/Fax: (0251) (0251) 8249 004
Email: pusdiklatwas.p3kt@bpkp.go.id

PETA LOKASI: