:: Home > Berita
15 Juni 2021 / Dibaca 125 kali

IAI Patok Banding Ke Pusdiklatwas BPKP

Ciawi - Alkisah pagi ini di Pusdiklatwas BPKP...
 
"Model dan merk kamera apa yang digunakan untuk membuat video pembelajaran?"
"Apakah sudah pernah dibuat survai untuk membandingkan tingkat kepuasan metode belajar daring dengan luring?"
"Berapa jumlah kru yang terlibat dalam membuat satu film?"
"Bagaimana caranya dan apa yang digunakan untuk menghasilkan suara rekaman yang bersih dari noise?"
 
Lontaran satu pertanyaan dari tamu-tamu kami pagi ini terus meluncur ke pertanyaan lain yang hampir semuanya terkait dengan hal-hal teknis mengenai produksi bahan tayang. Oh ya, perkenalkan tamu-tamu kami yang sangat bersemangat ini datang dari Ikatan Akuntan Indonesia (IAI). Mereka berlima, yaitu: 
1. Dedi Irawan, Manajer CIA
2. Eka Supriyati, Manajer HRD dan Umum
3. Fara Fitria, Manajer CIA
4. Monika, Senior Staff CIA
5. Nurul Gunawal, Kacab IAI 
 
datang untuk melihat-lihat studio digital Pusdiklatwas BPKP. Kepala Pusdiklatwas BPKP, Arief Tri Hardiyanto, menyambut para tamu dengan ramah. Sebelum berkeliling meninjau fasilitas studio, Kapusdiklatwas menjelaskan digital learning yang ada di Pusdiklatwas BPKP juga menayangkan contoh hasil produksi. 
 
 
Pertanyaan yang diajukan tim patok banding IAI tersebut banyak sekali yang berbau teknis. Mulai dari pilihan alat, kelebihan dan kekurangan alat, bagaimana menyiasati kondisi. Tim multimedia berusaha menjelaskan segamblang mungkin mulai dari fungsi alat hingga apa yang harus dilakukan untuk mendapatkan hasil video yang estetik secara standar. Syukurlah tim multimedia Pusdiklatwas BPKP memiliki pengalaman lapangan yang cukup tinggi sehingga dapat menjawab setiap pertanyaan dengan baik. Tampaknya tim patok banding ini bermaksud untuk membuat suatu studio digital sehingga berbagai peralatan yang berada di ruang peralatan multimedia didaftar dan difoto.
 
Usut punya usut, ternyata IAI sedang mengembangkan metode pembelajaran berbasis digital dalam pembelajarannya.  Pusdiklatwas BPKP dipilih sebagai tujuan patok banding karena sudah hampir 20 tahun bergelut dengan dunia pembelajaran berbasis digital. Asam garamnya berproses mendigitalisasikan pembelajaran itu yang ingin diketahui oleh para tamu patok banding. Lika-liku perjalanan dari "paper everything" hingga ke "data system information".  
 
Selain studio digital, Kapusdiklatwas juga mengajak para tamu untuk menengok fasilitas di ruang smart class. Di sini kembali lagi dilontarkan berbagai pertanyaan. Terima kasih kami sampaikan atas kunjungan tim IAI.
Pusdiklatwas BPKP
Jl. Beringin II, Pandansari, Ciawi, Bogor 16720
Telp. (0251) 8249 001 - 8249 003 (Sentral)
Fax. (0251) 8248 986 - 8248 987
Email: pusdiklatwas@bpkp.go.id


Bidang Penyelenggaraan Diklat APIP
Telp/Fax: (0251) 824 8473
Email: pusdiklatwas.p3jfa@bpkp.go.id

Bidang Penyelenggaraan Diklat SPIP
Telp/Fax: (0251) (0251) 8249 004
Email: pusdiklatwas.p3kt@bpkp.go.id

PETA LOKASI: