:: Home > Berita
08 April 2021 / Dibaca 103 kali

Semringah April Dalam Learning Committee Forum Kedua

 

Ciawi - "The biggest room in the world is the room for improvement." Mantan Kanselir Republik Federasi Jerman (1974-1982) Helmut Schmidt yang mengatakannya. Jangan mudah puas dengan hasil yang diperoleh saat ini, begitulah intinya. Ada hubungan apa antara Herr Schmidt dengan GIA Corpu? Tidak ada. 
 
Hanya, filosofi itu sangat mengena dengan keseruan diskusi dalam Learning Committee Forum GIA Corpu tadi. Tanggal 8 April 2021 ini Pusdiklatwas BPKP mengundang komite-komite pembelajaran untuk bertemu dalam forum komite pembelajaran. Forum ini merupakan media GIA Corpu untuk berkomunikasi dan berinteraksi antara Pusdiklatwas sebagai pusat pelatihan dengan akademi-akademi GIA Corpu. Ini yang kedua kali setelah yang pertama di bulan Januari 2021. 
 
Dalam acara ini Ketua Panitia, Listyono, menyebutkan tiga hal yang akan dibahas, yaitu: 
1. Rencana pembelajaran untuk 60 prioritas pengawasan BPKP tahun anggaran 2021.
2. Evaluasi penyelenggaraan pelatihan STAR
3. Peluncuran resmi metode pembelajaran micro learning GIA Corpu dan GIA Corpu Mobile.
 Apa sih yang ingin didapatkan dari pembahasan tersebut? Menurut Kepala Pusdiklatwas BPKP, Arief Tri Hardiyanto, yang membuka secara resmi acara ini, 3 hal tersebut penting untuk didiskusikan demi mendapat masukan atas penyelenggaraan pelatihan STAR, pengembangan GIA Corpu, dan penentuan tema pembelajaran.
 
Pemapar pertama adalah Kepala Bidang P3APIP, Fahmi Kurniawan, yang mempresentasikan hasil evaluasi pelatihan STAR. Nilai-nilainya memang emejing, berada pada rate "Bagus" dan "Bagus Sekali", atau 3 dari skala 4 untuk unsur modul, instruktur, dan penyelenggara. Para peserta pelatihan GIA Corpu ternyata sangat dermawan dalam memberi nilai. Untuk tema pertama saja diskusi langsung hangat karena para akademi merasa tidak puas atas nilai tersebut. Angka-angka hasil evaluasi  bahkan ditilik detilnya karena dianggap belum mencerminkan keadaan yang sebenarnya, yaitu apakah angka evaluasi linier dengan peningkatan kompetensi para peserta. Mungkin metode evaluasi harus ditingkatkan agar angka  yang diperoleh selaras dengan tingkat keberhasilan tujuan instruksional.
 
Pada bahasan kedua tensi kian meningkat. Biro MKOT mempresentasikan isu-isu strategis yang berkembang di masyarakat, internal BPKP, dan level pimpinan. Rencananya nanti tema-tema pembelajaran akan ditetapkan berdasarkan isu-isu strategis ini. Para akademi memberi banyak masukan terhadap beberapa poin isu strategis yang terkait pengawasan pembangunan daerah. Tema-tema pembelajaran GIA Corpu tahun 2021 dipastikan harus sejalan dengan agenda prioritas pengawasan 2021 BPKP yaitu mengawal percepatan pemulihan ekonomi.
 
Sebagaimana cuaca April yang hangat, kemudian panas, dan lantas meredup sejuk, begitu pula rasa yang menguar dari aula lantai 4 tempat diskusi forum komite pembelajaran berlangsung. Bahasan terakhir, yaitu peluncuran micro learning dan GIA Corpu mobile menjadi klimaks dari dua bahasan sebelumnya yang penuh tanya jawab dan sedikit perdebatan. Metode micro learning dimaksudkan untuk memenuhi jam minimal pembelajaran yang harus dipenuhi setiap pegawai, yaitu 20 JP/tahun. Sudah ada 9 materi yang siap tayang, beberapa di antaranya yaitu Siswaskeudes, GCG, IACM Korporasi, dan New SPIP. Banner-banner yang menarik untuk setiap materi terpampang di wajah depan situs LMS GIA Corpu. Semuanya memang belum sempurna, tapi selalu ada peningkatan dari yang sebelumnya. Karena GIA Corpu enggan untuk lelah demi materi dan metode pembelajaran yang berkualitas dunia. 
 
GIA Corpu Mobile merupakan aplikasi pembelajaran berbasis android yang didesain agar para peserta pembelajaran dapat mengakses materi belajar di mana saja dan kapan saja secara fleksibel dengan menggunakan telepon genggam masing-masing. Dengan aplikasi ini peserta pelatihan dimudahkan untuk menjangkau sumber pembelajaran, sehingga syarat 20 JP/tahun dapat diperoleh dengan cara yang praktis.  
 
Acara berlangsung lancar hingga siang hari berkat kesigapan panitia penyelenggara. Terima kasih kepada seluruh akademi atas sumbangsih kehadiran hari ini sehingga tujuan acara tercapai. (rl)
Pusdiklatwas BPKP
Jl. Beringin II, Pandansari, Ciawi, Bogor 16720
Telp. (0251) 8249 001 - 8249 003 (Sentral)
Fax. (0251) 8248 986 - 8248 987
Email: pusdiklatwas@bpkp.go.id


Bidang Penyelenggaraan Diklat APIP
Telp/Fax: (0251) 824 8473
Email: pusdiklatwas.p3jfa@bpkp.go.id

Bidang Penyelenggaraan Diklat SPIP
Telp/Fax: (0251) (0251) 8249 004
Email: pusdiklatwas.p3kt@bpkp.go.id

PETA LOKASI: