:: Home > Berita
10 September 2020 / Dibaca 66 kali

Kunjungan Virtual Diklat PKA ke Kawasan Kota Lama Semarang

Ciawi - Pusdiklatwas BPKP tetap bersemangat mengupayakan materi diklat Pelatihan Kepemimpinan Administrasi berjalan sesuai kurikulum di tengah pandemi covid19. Kali ini, pada hari terakhir studi lapangan pada tanggal 9 September 2020, para peserta diklat PKA, melalui aplikasi zoom meeting, bertandang ke ruang kerja Walikota Semarang, Hendrar Prihadi, untuk mendapatkan pencerahan seputar inovasi pelayanan publik untuk mengembangkan pariwisata kota Semarang. 
 
Kepala Pusdiklatwas BPKP, Sally Salamah, secara resmi membuka jalur komunikasi studi lapangan secara daring ini dengan beberapa patah kalimat pengantar. Sangat disayangkan memang, bahwa karena pandemi ini kunjungan ke Kota Lama Semarang yang indah hanya bisa dilakukan secara virtual. Meski demikian, pemaparan singkat dari Walikota Semarang telah memperkaya wawasan para peserta tentang aktualisasi kepemimpinan dalam menerapkan layanan publik.
 
Pak Hendrar menyampaikan bagaimana ia dan jajarannya berusaha menjadikan Semarang sebagai kota yang tidak kalah dari kota-kota lain di Indonesia. Pemetaan potensi dan permasalahan secara tepat menjadi langkah awal dalam menyusun program-program agar tepat sasaran. Porsi belanja langsung APBD secara berangsur ditambah untuk mendapatkan multiplier effect pertumbuhan ekonomi kota. Sektor pariwisata sengaja diprioritaskan karena kue kesejahteraan yang akan didapat dari sektor ini lebih merata, selain untuk memperkuat visi pemerintah pusat yang bertekad menggenjot sektor pariwisata di Indonesia. Wilayah Kota Lama Semarang sejak dulu telah menjadi fokus pengembangan namun daya tariknya tidak meningkat di masyarakat karena ketiadaan roh. Roh itu berupa kegiatan aktivitas ekonomi, sosial, budaya. Demi membangkitkan roh tersebut pemerintah kota mendorong masyarakat untuk merevitalisasi dan merestorasi bangunan-bangunan milik mereka di kawasan ini agar dijadikan unit-unit usaha dan kegiatan. Infrastruktur yang memadai disediakan sehingga masalah banjir dan kurangnya penerangan tidak lagi menghambat kelancaran aktivitas masyarakat. 
 
Sesuai jadwal, selain Walikota, beberapa Kepala Dinas juga menyampaikan paparan terkait program-program layanan publik di Kota Semarang. Seperti, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Program Sekolah Tanpa Sekat. (rl)
Pusdiklatwas BPKP
Jl. Beringin II, Pandansari, Ciawi, Bogor 16720
Telp. (0251) 8249 001 - 8249 003 (Sentral)
Fax. (0251) 8248 986 - 8248 987
Email: pusdiklatwas@bpkp.go.id


Bidang Penyelenggaraan Diklat APIP
Telp/Fax: (0251) 824 8473
Email: pusdiklatwas.p3jfa@bpkp.go.id

Bidang Penyelenggaraan Diklat SPIP
Telp/Fax: (0251) (0251) 8249 004
Email: pusdiklatwas.p3kt@bpkp.go.id

PETA LOKASI: