:: Home > Berita
23 Pebruari 2018 / Dibaca 346 kali

Generasi Muda CPNS BPKP

Ciawi - Enam ruang kelas di Pusdiklatwas BPKP telah dua minggu terakhir ini diisi oleh kegiatan diklat para CPNS BPKP penerimaan angkatan 2017. Beruntun mereka diwajibkan mengikuti Diklat SPIP dan kini Diklat Prajab. Bisa dikatakan sebagian besar mereka tergolong fresh graduate dari kampus-kampus perguruan tinggi. Wajah-wajah  muda yang energik dan penuh canda tawa menjadi ikon pembeda penampilan mereka dari peserta diklat umumnya di Pusdiklatwas BPKP. Jumlah mereka semuanya sekitar 500 orang. WOOWW, banyak!!! Dan mereka semua calon auditor, dengan visi yang relatif seragam yaitu menjadi musuh koruptor.
 
Sebagaimana anak-anak muda lazimnya mereka cepat membaur dan menjadi akrab, apalagi mereka selama dua minggu ini tinggal dan belajar bersama di kampus Pusdiklatwas BPKP. Mereka adalah generasi Y Indonesia yang cerdas, kritis, kreatif, akrab dengan gadget, dan melek informasi. Pada saat pembelajaran di ruang kelas pikiran cerdas dan kritis tersebut tampak menonjol dalam argumentasi-argumentasi yang mereka lontarkan kala diskusi kelompok. Suasana pembelajaran yang dibangun oleh widyaiswara terkesan ceria dan penuh gairah meski tetap serius dengan kelugasan ala anak-anak muda. Mereka tidak malu-malu bertanya dan tidak sungkan berpendapat. Bahkan dengan entengnya mereka berani tegas menyatakan beban jadwal Diklat Prajab terlalu padat sehingga kurang efektif jika tujuannya adalah penguasaan materi. Berbeda jika tujuannya untuk memelonco CPNS, nah jadwal belajar yang sampai malam itu bisa dikatakan sukses membuat lelah para peserta. Mereka mampu secara jernih melihat perbedaan kualitas mengajar para widyaiswara dan struktural dan, salut, mampu menyampaikannya secara penuh etika. Mereka kreatif, dapat memikirkan solusi-solusi atas berbagai persoalan yang disampaikan pengajar di ruang kelas.
 
Anak-anak CPNS calon auditor ini adalah aset berharga BPKP dan Indonesia. Mengamati mereka, admin bahagia. Mereka menularkan virus perasaan muda kembali. Riang dan optimis menatap masa depan. Ha ha ha ha ha. (rl)
 
Pusdiklatwas BPKP
Jl. Beringin II, Pandansari, Ciawi, Bogor 16720
Telp. (0251) 8249 001 - 8249 003 (Sentral)
Fax. (0251) 8248 986 - 8248 987
Email: pusdiklatwas@bpkp.go.id


Bidang Penyelenggaraan Diklat Fungsional Auditor
Telp/Fax: (0251) 824 8473
Email: pusdiklatwas.p3jfa@bpkp.go.id

Bidang Penyelenggaraan Diklat Teknis Substansi dan Kedinasan
Telp/Fax: (0251) (0251) 8249 004
Email: pusdiklatwas.p3kt@bpkp.go.id

PETA LOKASI: