:: Home > Berita
19 Desember 2016 / Dibaca 355 kali

BPKP dan UPI bekerjasama membangun New Adult Learning Method

 
Pada hari Jumat (9/12/2016) yang lalu, Rektor UPI Prof. Furqon, Ph.D. menyambut kunjungan Deputi PIP Bidang Polhukam PMK Binsar Simanjuntak, Direktur PLP Bidang Polsoskam Djoko Prihardono dan Kapusdiklatwas BPKP Slamet Hariadi. Kunjungan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama kedua belah pihak sesuai kompetensi masing-masing pihak. Rektor UPI mengharap BPKP dapat berperan dalam membantu UPI meningkatkan tata kelola dan pengendalian intern. Sementara itu, UPI saat ini sedang membantu BPKP dalam membangun sebuah metode pembelajaran.
 
Metode yang sedang dibangun adalah New Adult Learning Method (NALM), metode ini selanjutnya akan ditetapkan menjadi metode baku bagi Pusdiklatwas BPKP, Perwakilan BPKP dan BPKP Pusat dalam melaksanakan berbagai bentuk pelatihan. Metode ini dirasa sangat dibutuhkan karena dalam praktik, para auditor BPKP yang telah melakukan berbagai kegiatan training/pelatihan dalam berbagai bentuk, seperti: sosialisasi, bimbingan teknis, dan berbagai pelatihan lainnya. Namun, bila dilihat dari latar belakang pendidikan, dapat dikatakan bahwa tidak semua auditor yang memiliki bekal pengetahuan yang memadai untuk menjadi seorang trainer. NALM ini akan membekali para auditor dalam melakukan pelatihan yang merupakan salah satu tugas auditor internal dalam peran consulting.
 
Metode NALM yang sedang dibangun dipraktekkan dalam bentuk pelatihan NALM dalam 3 batch. Masing-masing batch selama 50 jam,  batch pertama dilaksanakan pada tanggal 14-19 Nopember 2016 sedangkan batch kedua dan ketiga diselenggarakan serentak pada tanggal 5-9 Desember 2016. Realisasi peserta sebanyak 93 orang yang terdiri dari : Widyaiswara BPKP sebanyak 19 orang, Manajemen dan Instruktur dari Pusdiklatwas BPKP sebanyak 18 orang, Dosen Perguruan Tinggi (Unpad, STAN dan IPB) sebanyak 7 orang, Alumni S2 beasiswa STAR ADB dari K/L dan Pemda sebanyak 20 orang, Instruktur/calon instruktur dari kedeputian, pusat-pusat, dan biro kepegawaian BPKP sebanyak 30 orang.
 
Dalam kesempatan ini, Deputi PIP Bidang Polhukam PMK Binsar Simanjuntak memberikan arahan kepada para peserta pelatihan batch kedua dan ketiga. Beliau berpesan kepada para peserta pelatihan untuk tidak bosan dalam menambah kompetensi dalam berbagai kesempatan. Salah satu kesempatan adalah pelatihan NALM ini, dimana para peserta mendapat kesempatan memperoleh pengetahuan dari tangan pertama, para professor ilmu pendidikan di UPI.

 

Pusdiklatwas BPKP
Jl. Beringin II, Pandansari, Ciawi, Bogor 16720
Telp. (0251) 8249 001 - 8249 003 (Sentral)
Fax. (0251) 8248 986 - 8248 987
Email: pusdiklatwas@bpkp.go.id


Bidang Penyelenggaraan Diklat Fungsional Auditor
Telp/Fax: (0251) 824 8473
Email: pusdiklatwas.p3jfa@bpkp.go.id

Bidang Penyelenggaraan Diklat Teknis Substansi dan Kedinasan
Telp/Fax: (0251) (0251) 8249 004
Email: pusdiklatwas.p3kt@bpkp.go.id

PETA LOKASI: