06 Pebruari 2014 / Dibaca 1015 kali
Sistem Manajemen Kinerja Dalam Kerangka Reformasi Birokrasi
Pengirim: wakhyudi / Widyaiswara

Setiap organisasi memiliki arah dan tujuan yang tercermin dalam visi dan misi organisasi. Harus ada
mekanisme dalam organisasi untuk mengomunikasikan visi dan misi organisasi kepada seluruh anggota
organisasi. Setelah proses pengomunikasian visi dan misi, perlu adanya penetapan beban kerja dan tanggung
jawab masing - masing pegawai atau disebut target kinerja. Target kinerja ditetapkan secara jelas dan dapat
memotivasi pegawai untuk bekerja dengan sepenuh hati.
Dalam era reformasi birokrasi, harus diciptakan suatu sistem manajemen kinerja untuk menilai capaian kinerja
secara individual dan kontribusinya terhadap pencapaian tujuan organisasi. Komitmen, kompetensi,
yang diikuti penerapan reward dan punishment yang adil menjadi sarana yang efektif dalam penerapan sistem
manajemen kinerja dalam organisasi.


Kata kunci: sistem manajemen kinerja, tujuan, komunikasi, target kinerja individual, reward, dan punishment
 

©Pusdiklatwas BPKP Website Security Test